Monday, May 16, 2011

Membuat Lapbook tentang Sholat

Alhamdulillah kegiatan ngaji untuk adik-adik di Hasselt masih berjalan. Seperti biasanya kak Dona dan kak Nino yang membimbing dan mendampingi adik-adik. Kegiatan pertama di awali dengan menyanyi, kemudian belajar Iqra dan latihan menulis huruf-huruf hijaiyah. Di sesi terakhir ada tambahan kegiatan yaitu membuat lapbook dengan tema sholat.


Anak-anak sangat antusias ketika harus menggunting dan menempelkannya dalam lapbook mereka. Dari kegiatan ini diharapkan anak-anak bisa lebih mengenal nama-nama sholat 5 waktu dengan jumlah rakaatnya, belajar gerakan sholat dan bacaannya, serta mengetahui waktu sholat sehingga mereka bersemangat untuk melaksanakan sholat 5 waktu.





Meskipun sumbernya sama tetapi hasil dan gaya lapbooknya berbeda sesuai dengan kreatifitas mereka. Informasi lebih detail seputar sholat akan dilengkapi di rumah dengan bantuan orang tua masing-masing.


Materi membuat lapbook di atas bersumber dari: Islamic Lapbooking.

Ada bacaan bagus yang bisa dibaca bersama anak-anak berkaitan dengan tema sholat kali ini, yaitu "Subhanalloh..tahukan wahai anakku bahwa sholat dapat membuat tubuhmu menjadi sehat"

Mengajak sholat bersama dengan anak akan memudahkan mereka untuk mempelajari gerakan sholat dan hapal bacaannya. Anak-anak juga bisa melihat film animasi belajar sholat sebagai sarana belajar lainnya:

No comments:

Post a Comment